Resesi Gak Ngaruh! Miliarder Baru dibanding China Tetap Tumbuh Menjamur

Pengusaha kosmetik Huang Jinfeng bergabung dengan jajaran miliarder dunia usai startup kecantikan & e-commerce miliknya, Yatsen Holding rata bursa di AS. Perusahaan dengan berlokasi di Guangzhou, China itu mengoperasikan merek kecantikan Perfect Diary, Little Ondine dan Abby’s Choice.

WE Online, Jakarta

Pengusaha kosmetik Huang Jinfeng bergabung secara jajaran miliarder dunia usai startup kecantikan dan e-commerce miliknya, Yatsen Holding melantai bursa di GANDAR. Perusahaan yang berlokasi di Guangzhou, China ini mengoperasikan merek kecantikan Perfect Diary, Little Ondine & Abby’s Choice.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Kamis (26/11/2020) e-commerce kecantikan miliknya mengalami lonjakan saham sebanyak 75% dalam debut perdagangannya di Bursa Efek New York. Perusahaan yang mengumpulkan USD617 juta melalui penawaran umum perdana, sekarang memiliki nilai pasar menyentuh USD7, 8 miliar (Rp110 triliun).

Baca Pula: Selamat Hari Guru! Ini 5 Miliarder yang Memulai Karir dibanding Guru

Lengah satu pendirinya yang merupakan CEO Huang Jinfeng hari ini menjelma miliarder dunia. Kini, di usianya yang masih 37 tahun, ia memiliki kekayaan bersih mencapai USD3 miliar (Rp42 triliun) yang diperoleh dari 25% kepemilikannya di perusahaan, menurut perkiraan Forbes.

Yatsen Holding didirikan hanya 4 tahun lalu. Perusahaan kecantikan tersebut berhasil menonjol di pasar kejelitaan China melalui harga yang kompetitif dan strategi media sosial yang cerdas. Bahkan, mereka memotong distributor untuk menjual produk seperti eye shadow seharga USD4, 5 serta eyeliners langsung ke konsumen.

Perusahaan tersebut juga berjalan dengan selebriti dan influencer buat memasarkan di platform media sosial seperti aplikasi video pendek Douyin dan Sina Weibo yang sama dengan twitter di China.

Meskipun pemasaran digital semacam itu bukanlah hal baru, Yatsen telah menjadi pemimpin dan pesaing untuk merek-merek barat yang bertambah mapan seperti L’Oreal.

You may also like