Keinginan Wapres Maruf Amin Dikabulkan Jokowi, Soal...

Di dalam melakukan reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengambil kesimpulan sendiri. Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin tetap dilibatkan. Wapres diajak rapat empat mata juga diminta mengusulkan nama calon menteri. &, ternyata, maunya Ma’ruf dikabulkan Jokowi.

Dalam melakukan reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengambil keputusan sendiri. Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin tetap dilibatkan. Wapres diajak rapat empat serampangan juga diminta mengusulkan nama calon menteri. Dan, ternyata, maunya Ma’ruf dikabulkan Jokowi.

Siapa menteri usulan Ma’ruf yang disetujui Jokowi? Jawabannya adalah Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut jadi Menteri Agama.

Baca Juga: Menag Yaqut: Pegangan Jangan Lagi Dijadikan Kendaraan Kebijakan, Ganggu Stabilitas Negara  

Jubir Wapres, Masduki Baidlowi, tidak membantah kabar itu. Gus Yaqut, kata dia, adalah rekomendasi yang diusulkan Ma’ruf ke Jokowi. Kenapa usulkan Yakut? Alasannya, selain kader PKB, Gus Yaqut merupakan seorang kader Nahdlatul Ustaz (NU) dan Ketua Umum Tindakan Pemuda (GP) Ansor.

“Itu (posisi Menag) ada bintik temulah antara Presiden dengan Wapres, dengan PBNU, ” ungkap Cak Duki sapaan akrabnya.

Sebelum reshuffle diumumkan langsung Jokowi di dalam Selasa (22/12/2020) sore, nama bahan Menteri Agama masih simpang siur. Yang beredar saat itu, Yahya Cholil Staquf, kakak Gus Yaqut.

“Jadi itu, telah yang terbaiklah. Pas. Untuk menggantikan aspirasi dari kalangan NU. Sebelumnya Menag itu, tidak dari iktikad kalangan NU, ” lanjutnya.

Usai pelantikan, Gus Yaqut mengaku tanda-tanda dirinya akan mendalam ke kabinet mulai ketahuan semenjak pekan lalu. Ia dikabari Mensesneg Pratikno, Kamis (17/12/2020).

Tapi, kepastian untuk datang ke Istana baru diterima, Selasa (22/12/2020). “Pagi hari, ” ungkapnya. “Disampaikan Pak Pratik agar ke Istana menghadap Pak Presiden berbaju suci pukul 15. 00 WIB, rasanya begitu, ” sambungnya.

Partner Sindikasi Konten: Rakyat Merdeka

You may also like