Joe Biden Diprediksi Pilih Janet Yellen Jadi Menteri Keuangan, Ini Profilnya

Presiden terbatas Amerika Serikat (AS) Joe Biden diprediksi mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Gajah Keuangan AS. Alasan pemilihan perempuan berumur 74 tahun untuk memimpin negara keluar dari penurunan paling tajam sejak depresi besar.

WE Online, Jakarta berantakan

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden diprediksi mencalonkan bekas Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS. Keterangan pemilihan wanita berumur 74 tahun untuk memimpin negara keluar sebab penurunan paling tajam sejak kemerosotan besar.

Yellen bakal bertugas mengatasi ketimpangan ekonomi yang tumbuh dan memerangi perubahan iklim dan menjauh dari penekanan pra-pandemi pemerintahan Trump pada pemotongan pajak dan pelonggaran peraturan keuangan.

Baca Juga: Akankah Calon Menteri Keuangan Biden Bawa Cryptocurrency?

Berantakan siapa Janet Yellen? Lahir dalam Brooklyn, New York, dari tim seorang dokter dan guru sekolah dasar, Yellen memeroleh gelar doktor di bidang ekonomi dari Yale pada 1971 sebagai satu-satunya wanita di kelasnya dan mengajar pada beberapa universitas besar sebelum menjabat sebagai penasihat ekonomi terkemuka buat Presiden Bill Clinton dari 1997 hingga 1999.

Yellen membuat sejarah pada 2014 masa dia menjadi wanita pertama dengan memimpin Federal Reserve setelah menjabat selama satu dekade sebagai Presiden Fed San Francisco dan Gubernur Fed.

Presiden Donald Trump menolak untuk memperpanjang era jabatannya dan menggantinya dengan Kepala Fed saat ini Jerome Powell pada 2018.

You may also like