CIMB Niaga Siap Implementasikan Open Banking

CIMB Niaga siap mengoperasikan open banking dengan terus kontrak mengembangkan sistem Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API adalah platform open banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis, antara asing e-commerce, financial technology (fintech), startup, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk serta layanan Bank ke dalam maklumat digitalnya.

WE Online, Jakarta kacau

CIMB Niaga siap mengimplementasikan open banking dengan terus komitmen mengembangkan bentuk Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API merupakan platform open banking dengan dapat memfasilitasi mitra bisnis, kurun lain e-commerce , financial technology ( fintech ), startup , dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk mengikuti layanan Bank ke dalam maklumat digitalnya.

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan mengatakan, pengembangan API di CIMB Niaga tak cuma untuk melayani transaksi pembayaran. Teknologi ini juga dimanfaatkan untuk melecehkan pembukaan rekening secara digital tepat dari platform perusahaan fintech lending dan sertifikat yang telah menjadi mitra CIMB Niaga.

Mengucapkan Juga: Perkuat Digitalisasi Perbankan, CIMB Niaga Telah Kembangkan API

“Dengan begitu, masyarakat bisa membuka rekening investasi melalaikan fintech lending ataupun perusahaan sekuritas tanpa perlu datang ke kantor cabang, ” katanya di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Menurut Anton, implementasi API untuk memfasilitasi bermacam-macam produk dan layanan CIMB Niaga pada aplikasi mitra bisnis dapat meningkatkan efisiensi, mendorong inovasi dan kompetisi yang kondusif, serta mempercepat inklusi keuangan.

“Di tengah situasi yang masih menantang akibat pandemi Covid-19, pemanfaatan teknologi API tersebut sangat relevan sebab dapat mendukung transaksi yang sehat dan aman tanpa harus muncul rumah atau bersentuhan fisik dengan benda lain, ” ujar Anton.

Dengan beragam khasiat tersebut, Anton mengajak pelaku ekonomi digital untuk bersinergi mengembangkan permintaan bersama CIMB Niaga API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mitra.

Selain itu, para-para mitra yang menggunakan CIMB Niaga API juga dapat memperoleh keuntungan lainnya, seperti berinteraksi dengan masyarakat developer dari berbagai partner CIMB Niaga, akses free untuk mencoba OBOR melalui sandbox Perseroan, dukungan penuh sejak tim CIMB Niaga API, serta tersedianya dokumentasi yang lengkap serta mudah dipahami, serta dapat diakses kapan saja melalui portal CIMB Niaga API.

Sepaham dengan arahan pemerintah untuk menerapkan open banking , ke depan CIMB Niaga akan memperluas digital partnership , baik dengan perusahaan startup , fintech , maupun perusahaan lainnya.

“Dengan begitu, konsumen tetap dapat memanfaatkan produk & layanan kami meskipun menggunakan bervariasi aplikasi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Kami akan terus mengembangkan SINAR guna memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi nasabah serta masyarakat pada mengakses produk dan layanan CIMB Niaga, ” tambah Anton.

Anton menambahkan, upaya buat senantiasa meningkatkan customer experience tersebut merupakan persembahan dalam rangka ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September mendatang.

“CIMB Niaga berusaha untuk tetap berperan aktif melayani masyarakat Nusantara. Salah satunya kami wujudkan melalui inovasi produk dan layanan, termasuk CIMB Niaga API, ” tutup Anton.

You may also like