Sri Mulyani Usul Anggaran Kemenkeu 2021 Rp43, 30 Triliun

Kementerian Keuangan mengajukan pagu anggaran 2021 sebesar Rp43, 30 triliun yang terdiri dari rupiah muni sebesar Rp34, 8 triliun dan BLU Rp8, 5 triliun. “Tanpa BLU, anggaran di Kementerian Keuangan merupakan Rp34, 8 triliun. BLU ditaruh di dukungan manajemen, ” kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pada Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR pada Senin (7/9/2020) di ruang rapat…

WE Online, Jakarta

Kementerian Keuangan mengajukan pagu anggaran 2021 sebesar Rp43, 30 triliun yang berisi dari rupiah muni sebesar Rp34, 8 triliun dan BLU Rp8, 5 triliun.

“Tanpa BLU, anggaran di Kementerian Keuangan adalah Rp34, 8 triliun. BLU ditaruh di dukungan manajemen, ” kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pada Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR dalam Senin (7/9/2020) di ruang kerap gedung DPR Jakarta.

Baca Juga: Diserang Covid-19, Kemenkeu: Jika Ekonomi RI -1, 1%, Itu Prestasi

Suahasil mengatakan bahwa proposal pagu anggaran ini untuk melaksanakan tiga fungsi dan lima agenda yang ada pada Kementerian Keuangan. Tiga fungsi tersebut adalah fungsi pelayanan umum, fungsi ekonomi, serta fungsi pendidikan.

Tengah itu, lima program Kementerian Keuangan tahun depan yaitu program kecendekiaan fiskal; program pengelolaan penerimaan negeri; program pengelolaan belanja negara; agenda pengelolaan perbendaharaan, kekayaan negara, & risiko; serta program dukungan manajemen.

Di sisi asing, Komisi XI DPR belum mengizinkan usulan pagu anggaran Kementerian Keuangan tahun 2021 yang sebesar Rp43, 30 triliun itu. Usulan taksiran tersebut akan disetujui melalui panitia kerja (panja).

Pemimpin Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto, menjelaskan, dalam proses persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), Komisi XI akan membentuk badan kerja (Panja) terlebih dahulu. Mengenai panja akan dilakukan pada 9, 10, dan 14 September 2020 mendatang.

You may also like