Belum Terima Subsidi Gaji atau UMKM? Cek Lagi Syaratnya!

Pemerintah terus memberikan sandaran langsung tunai (BLT) kepada karakter usaha, pekerja hingga korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Bantuan tersebut diberikan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi virus corona.

WE Online, Jakarta

Pemerintah langsung memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pelaku usaha, pekerja maka korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Bantuan tersebut diberikan dalam rencana Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi virus corona.

Untuk UMKM, pelaku usaha diberikan bantuan produktif Rp2, 4 juta jadi modal kerja. Bagi pekerja diberikan subsidi gaji Rp600. 000 semasa empat bulan dan korban PHK diberikan pelatihan dan bantuan pada program Kartu Prakerja.

Hanya saja dari bantuan-bantuan baik yang telah disiapkan tersebut, tak semua mendapatkannya. Pasalnya ada patokan atau syarat yang mesti dipenuhi sebelum bansos tersebut diberikan.

Baca Juga: Sinyal Erick: Subsidi Gaji Lanjut pada 2021, Menaker Gak Setuju?

Baca Selalu: Kuota Subsidi Gaji Sisa satu, 7 Juta, Erick Minta Sokong ke Kadin

Seperti BLT subsidi gaji Rp600. 000 yang akan diberikan kepada 15, 7 juta pekerja. Ada enam syarat yang harus dipenuhi pekerja sebelum mendapat bansos itu.

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan secara Kartu Tanda Penduduk.

2. Pekerja atau buruh

3. Terdaftar dan rajin pada program BPJS Ketenagakerjaan

4. Kepesertaan aktif datang Juni 2020

5. Gaji di bawah Rp5 juta

6. Memiliki rekening bank aktif

Kemudian untuk UMKM yang mendapat tumpuan produktif juga memiliki syarat & kriteria tertentu. Misalnya, tidak medium melakukan pinjaman di bank, terdaftar di dinas koperasi.

Bukan PNS, TNI atau Petugas dan bukan pegawai BUMN/BUMD. Tumpuan ini diberikan kepada 12 juta pelaku UMKM untuk menerima sandaran sebesar Rp2, 4 juta.

Selain itu, pemerintah serupa memberikan bantuan dalam program Surat Prakerja. Ini merupakan program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalaikan bantuan biaya pelatihan.

You may also like