Temuan Jet Commerce: Awal Bulan Puasa, Momen Belanja Online

Jet Commerce menemukan beberapa insight menarik dibanding perubahan perilaku konsumen selama Ramadan di masa pandemi ini. Bersandarkan hasil riset terbaru oleh iPrice, terdapat pola belanja yang berbeda pada Ramadan tahun ini. Jet Commerce mencatat konsumen tidak menyiapkan kebutuhan Ramadan jauh–jauh hari pra memasuki bulan puasa, seperti yang biasanya terjadi.

WE Online, Jakarta

Jet Commerce  menemukan beberapa insight menarik dari transformasi perilaku konsumen selama Ramadan pada masa pandemi ini. Berdasarkan buatan riset terbaru oleh iPrice, ada pola belanja yang berbeda di dalam Ramadan tahun ini. Jet Commerce mencatat konsumen tidak mempersiapkan keinginan Ramadan jauh–jauh hari sebelum mendatangi bulan puasa, seperti yang biasanya terjadi.

Hal tersebut ditunjukkan dari peningkatan tertinggi total pesanan yang justru terjadi pada minggu pertama bulan Ramadan, yakni meningkat sebanyak 54% dari jumlah pesanan seminggu sebelum memasuki kamar suci tersebut.

“Selalu ada pola–pola tertentu yang terjadi pada momen–momen spesial, seperti Ramadan, apalagi masa pandemi telah membakar penetrasi bisnis e-commerce jadi semakin gede dan menjangkau berbagai daerah. Jet Commerce mempelajari pola–pola konsumen dalam berbelanja online dari tahun ke tarikh untuk membantu pertumbuhan bisnis para-para mitra kami dengan mendapatkan buatan yang maksimal melalui e-commerce , ” ujar Webber Chen, CEO Jet Commerce Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/6/2020).

Baca Selalu: Rilis ChatPay di WhatsApp, Dompet Dhuafa Target 40. 000 Hewan Kurban

Jet Commerce juga menemukan fakta bahwa jumlah penjualan terbanyak terjadi di minggu kedua dan ketiga bulan Ramadan tahun ini, yakni di minggu kedua terjadi 27% penjualan dan pada minggu ketiga berlaku 29% penjualan dari total menyeluruh penjualan selama Ramadan.

Puncak nilai transaksi tertinggi selalu terjadi pada waktu yang serupa, yaitu di 5 dan 11 Mei 2020 atau pada minggu ke-2 dan ketiga Ramadan, di mana merupakan periode utama masa persuasi Ramadan yang diselenggarakan berbagai platform e-commerce di Indonesia.

Dengan kata lain, konsumen turut memanfaatkan momentum kampanye untuk berbelanja online . Tidak hanya itu, waktu paling aktif untuk konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan terjadi pada pukul 00. 00–02. 00 dini hari dan memukul 09. 00–12. 00.

Meskipun transaksi melalui e-commerce masih didominasi warga berdomisili di DKI Jakarta dan Jawa Barat, namun keterbatasan yang terjadi karena pandemi itu turut serta mendorong konsumen di berbagai daerah untuk memanfaatkan platform e-commerce dalam memenuhi kebutuhannya.

Seperti pada Ramadan tahun ini, Jet Commerce mencatat pembelian terjauh secara geografis pada kategori Health & Beauty terjadi di Aceh, Sulawesi Utara, dan Papua, sementara dalam kategori Mom & Baby, pembelian terjauh terjadi di Bengkulu, dan Electronic dari Aceh, Papua, dan Maluku.

Data HK

You may also like