Sama-Sama Superior! Kalau Battle sama Dolar AS, Rupiah Tetap Jawaranya!

Nilai tukar dolar AS masih menjadi momok bagi sebagian besar serampangan uang global. Pada perdagangan spot Jumat (5/06/2020) pagi, dolar GANDAR memosisikan diri sebagai mata kekayaan superior atas dolar Australia, euro, poundsterling, dolar Kanada, franc, yuan, dan dolar Hong Kong.

WE Online, Jakarta

Biji tukar dolar AS masih menjelma momok bagi sebagian besar lengah uang global. Pada perdagangan spot Jumat (5/06/2020) pagi, dolar GANDAR memosisikan diri sebagai mata uang superior atas dolar Australia, euro, poundsterling, dolar Kanada, franc, yuan, dan dolar Hong Kong.

Kendati begitu, jika dihadapan dengan nilai tukar rupiah, kekayaan safe haven dari negeri Paman Sam itu tidak ada apa-apanya. Semenjak pembukaan pasar, rupiah sudah unggul terhadap dolar AS hingga ke level terbaiknya di angka Rp14. 028. Dilansir dari RTI, had pukul 09. 28 WIB, rupiah terapresiasi setinggi 0, 19% ke level Rp14. 062 per dolar AS.  

Baca Juga: Ya Ampun! Dolar AS Melawan, Rupiah Nyaris Kematian Kekuatan!

Bila dikalkulasikan, dalam sepekan terakhir rupiah sudah menguat sampai 3, 74% atau setara dengan apresiasi 5, 74% terhadap dolar AS. Setidaknya, ada tiga mata uang global yang ikut takluk terhadap rupiah, yakni dolar Australia (0, 15%), euro (0, 24%), dan poundsterling (0, 22%).  

Baca Juga: PSBB Periode Transisi Racikan Anies Ngeri-ngeri Lembut

Tak setengah-setengah, rupiah juga kini menjadi jawara di kancah Asia. Menempati letak teratas, rupiah unggul atas yuan (0, 25%), ringgit (0, 18%), dolar Singapura (0, 15%), yen (0, 11%), dolar Taiwan (0, 11%), dan won (0, 09%).  

Penguatan rupiah saat ini masih ditopang sebab optimisme pelaku pasar mengenai pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Terlebih lagi, selama bulan Juni tersebut, DKI Jakarta menerapkan pembatasan baik berskala besar (PSBB) transisi menuju  new normal sehingga kegiatan ekonomi dan industri dapat kembali dibuka secara berantara.

You may also like