Invalid Kerjaan! Pelawak Tertawakan Tampang Pemimpin Berujung Penjara

Komedian Tanzania Idris Sultan disidang di mahkamah ibu kota komersial Dar Es Salaam pada Rabu pagi (27/5/2020), delapan hari setelah dia ditangkap karena menertawai Presiden John Magufuli. Juru Bicara Kepolisian Tanzania mengatakan kepada BBC bahwa Sultan mau didakwa dengan tuduhan kejahatan siber, merusak bukti dan menggunakan surat Sim yang terdaftar atas nama orang lain.

WE Online, Jakarta

Komedian Tanzania Idris Sultan disidang di pengadilan ibu kota komersial Dar Es Salaam pada Rabu pagi (27/5/2020), delapan hari setelah dia ditangkap sebab menertawai Presiden John Magufuli.

Juru Bicara Kepolisian Tanzania mengatakan kepada BBC bahwa Sultan akan didakwa dengan tuduhan kejahatan siber, merusak bukti dan menggunakan kartu Sim yang terdaftar segera orang lain.

Tempat ditangkap pada Selasa pekan lulus (19/5/2020) setelah sebuah video memperlihatkan komedian itu menertawakan foto lama Presiden John Magufuli yang menggunakan setelan kebesaran yang beredar dalam media sosial.

Baca Juga: 3 Aktivis Ditangkap, China Teruskan Pembungkaman Terhadap Pengkritik Pemerintah

Patuh pengacaranya, Bennedict Ishabakaki, polisi mendakwa Sultan melanggar UU Kejahatan Dunia Maya dan mengejek presiden.

Banyak pengguna media baik telah membagikan ulang video tersebut dengan tagar #FreeIdrisSultan dan menetapkan fotonya sebagai foto profil mereka untuk menunjukkan solidaritas. Netizen selalu menganggap Presiden John kurang kerjaan karena dinilai tak menerima kritikan dari warganya.

“Kita harus mempromosikan & mendukung privilese artistik dan penciptaan (inovasi) sebagai bagian dari demokrasi partisipatif, ” cuit advokat hak digital Maxence Melo di Twitter sebagaimana dilansir BBC,.

Tahun berantakan, Sultan ditahan setelah membagikan memotret dirinya dan presiden yang bergeser muka. Penahanan Sultan menjadi pengingat terbaru dari undang-undang regulasi digital yang oleh para aktivis dianggap melanggar kebebasan berekspresi.

Teman Sindikasi Konten: Okezone

You may also like